Kamis, 04 Oktober 2012

Ayo Mengapa Abraham Lincoln Berjenggot?

Ayo ada yang tahu nggak siapa ikon presiden Amerika paling terkenal sepanjang sejarah negara ini? Tentu Abraham Lincoln. Presiden ke-16 ini patungnya ada di mana-mana. Dari Washington DC, sampai ke Manchester di Inggris dan juga museum lilin Madame Tussaud.



Sekarang pertanyaannya, mengapa Abraham Lincoln memelihara jenggot, atau tepatnya brewok? Di mula kampanyenya ketika mau menjadi presiden, inilah foto sesungguhnya Abraham Lincoln:

 


Bagaimana rupanya, lebih parlente, elegan, mirip eksekutif, atau justru jadi culun

Penampilan Abraham berubah total berkat keberanian seorang wanita muda, Grace Bedell. Sejak usia sekolah, doi selalu berani mengemukakan pendapat dengan cara yang tulus, tanpa emosi atau berkesan lebih pintar. Berkali-kali doi adu argumen dengan guru di sekolah.


Grace Bedell


Pada suatu waktu, doi melihat foto brosur kampanye Abraham Lincoln dalam pemilihan Presiden Amerika. doi memperhatikan gambar Lincoln yang berdiri di samping meja.

"Orang ini tinggi, namun wajahnya... terlalu dalam!" gumam  dalam hati Grace.

Akhirnya Grace memberanikan diri menulis surat kepada Lincoln tentang pendapatnya.  Doi juga  menjelaskan bahwa memelihara jenggot akan membuatnya terlihat lebih baik. doi juga memastikan jika penampilan Lincoln berubah, doi dan keempat kakak-adiknya pasti memberi suara untuknya.

Isi surat Grace


Beberapa bulan kemudian, akhirnya Abraham Lincoln terpilih menjadi Presiden Amerika. Dapat ditebak bagaimana dia terlihat dipublik waktu itu? Ya, ia memelihara jenggotnya mengikuti saran Grace.

Jenggot pada akhirnya menjadi karakter, atau citra yang membuat Abraham Lincoln lebih mudah dikenal, juga selalu diingat orang. Ini semua berkat Grace yang berani berpendapat. 

Ya, kejujuran dapat menyakitkan. Namun jika penyampaiannya tepat sasaran dan penuh keberanian, justru membawa ke arah yang lebih baik. 

asli: http://apakabardunia.com/2012/09/kenapa-abraham-lincoln-berjenggot.html

◄ Newer Post Older Post ►